SELAMAT MAKAN

Di saat orang lain mengidam makanan restoran mahal, aku justru tak bosannya menyantap makanan rumah. Dari lahir hingga kini. Makanan yang dibuat oleh Ayah dan Ibu, koki kesukaanku. Selalu ada yang baru, yang selalu kutunggu-tunggu. Digodok dengan pengetahuan dan dimatangkan dengan pengalaman. Lalu disajikannya di atas perilaku dan tutur kata.
Sarapan menjadi favoritku untuk memulai hari. Salah satu sarapan favoritku disajikan sewaktu aku berumur sembilan tahun. Ketika aku bangun pagi, aku langsung menemukan sarapanku di atas meja belajar. Menunggu untuk dicicipi. Sarapan disajikan di dalam amplop yang bertuliskan “Dari Chef Dedi”. Ayah yang buat. Kukeluarkan sarapanku, dan kutemukan sehelai kertas bertuliskan “One day, you will be old enough to start reading fairytales again. CSL.”. Dibelakangnya tergambar peta komplek rumah kami yang dibuat dengan pensil warna. Peta harta karun. Kuikuti petunjuk peta tersebut hingga ke taman di komplek kami. Lalu kutemukan lagi petunjuk yang membawaku ke rumah tetangga, dan begitu seterusnya hingga berakhir di rak buku keluargaku. Kutemukan satu benda berlapis bungkus kado berwarna merah cerah, yang berisikan satu set novel The Chronicles of Narnia karya C. S. Lewis. Salah satu novel fantasi kesukaanku hingga sekarang.
Atau saat aku berulang tahun ke-12. Sarapanku sudah terpampang jelas di tembok kamar sedari ku bangun pagi. Selembar karton bertuliskan  “Time is an illusion -Albert Einstein”. Lalu aku menemukan sebuah buku baru di atas meja belajarku. A Briefer History of Time karya Stephen Hawking. Kuhabiskan hari itu berbincang dengan Ayah mengenai konsep waktu, teori relativitas yang belum pernah kupelajari apalagi kumengerti, dan ilmu kosmologi. Tidak ada yang memberiku ucapan selamat ulang tahun hari itu. Hanya ada wajah Ibu yang senyam-senyum sepanjang hari, dan menu makanan serba spesial hadir di atas meja makan kami. Menu kesukaanku.
Kalau sarapan adalah spesialis Chef Dedi, maka makan siang adalah jagonya Chef Mami. Alias Ibu. Berbeda dengan Ayah yang suka membekaliku dengan berbagai menu favorit, Ibu terkadang suka menantangku untuk ikut memasak makan siang. Ia hanya memberi bahan utama yang harus kuolah, sisanya kubuat sendiri. Seperti saat aku sedang murung karena hujan membuatku tidak jadi pergi bersama teman-teman, Ia menyiapkan bahan untuk makan siang yang diletakkannya di dalam tudung saji di dapur. Di dalamnya kutemukan sehelai kertas bertuliskan :

Hujan.
                -Chef Mami

Walau sedang kesal, namun daripada hanya menambah rasa muram, akhirnya kuterima tantangan itu. Sejurus kemudian, sajak yang telah kubuat kutaruh di atas meja makan, lalu kutinggal tidur. Esoknya, kertas sajak tersebut telah hilang. Berganti buku sastra yang baru.
Ibu mengenalkanku pada sastra dan indahnya berbahasa. Ia selalu berkata “Bahasa Indonesia adalah bahasa yang lahir prematur. Namun dalam keterbatasannya, kita dapat temukan keindahan tersembunyi”. Ibu juga sering memberiku buku kumpulan sajak seperti Hujan di Bulan Juni karya Sapardi Joko Damono, Tripitakata karya Sitok Srengenge, maupun kumpulan sajak yang ia jilid sendiri berisikan karya para sastrawan lawas seperti Rosihan Anwar dan Chairil Anwar. Ia yang juga mengenalkanku pada novel-novel mahakarya negeri milik Dewi Lestari, Andrea Hirata, Laksmi Pamuntjak, dan juga penyair maupun novelis mancanegara.
Makan malam. Waktunya aku yang menjadi koki. Waktu dimana aku mengolah bahan yang sudah kudapat dari keseharianku. Dari hasil coba-coba, aku membuat makan malam untuk keluarga yang  disajikan di atas piring cerita. Seringkali rasanya enak. Di lain waktu, rasanya asam, terlalu asin, atau bahkan terlampau manis. Mereka dengan takzim mendengarkan celotehanku, dan selalu memberi tanggapan untuk setiap racikan yang dirasa kurang pas. Memang rasanya tidak selalu enak, tapi mereka selalu ada untuk membantuku mengatasi masalahku.
Apapun rasa yang kuhasilkan dari masakanku, Ayah dan Ibu selalu mendukungku. Mereka kerap memujiku agar aku memiliki pribadi yang positif dan pantang menyerah. Seperti ketika aku melukis hewan untuk tugas pelajaran seni sekolah. Ayah bilang aku bisa jadi the next Frida Kahlo. Padahal gambar kucingku saja hasilnya lebih mirip dengan kambing.
Makanan buatan Chef Dedi dan Chef Mami pun tidak selalu enak. Kadang makanan yang mereka buat adalah ocehan panjang lebar yang harus kutelan bulat-bulat saat aku terlalu banyak mengeluh. Atau aksi diam Ibu kepadaku ketika aku pergi tanpa kabar. Tapi yang paling tidak kusukai adalah saat keduanya bertengkar, tidak sepaham, simpang jalan. Rasanya tidak enak sekali, aku jadi ingin menangis.
Makanan adalah nutrisi utama bagi tubuh manusia. Aku anak yang beruntung, memiliki dua chef handal yang memberiku nutrisi lengkap dan bergizi untukku. Mereka memang bukan chef yang sempurna. Namun bagiku mereka adalah chef yang terbaik.
Kini aku tahu bumbu rahasia yang membuat makanan rumahku terasa lezat. Makanan terbaik adalah yang dibuat dengan kasih sayang. Dan kasih sayang itu akan selalu kutemukan di rumah. 

Comments