Keluarga.

Keluarga bukan berarti mereka harus hidup sepanjang masa denganmu.
Keluarga bukan berarti harus memiliki ikatan darah, kesamaan bahasa, keidentikan penampilan, dan lainnya.
Tidak butuh itu semua untuk menjadi keluarga.
Dan tidak butuh atap untuk suatu tempat menjadi rumah.


Hari ini, saya mengerti perasaan para orangtua yang melepas anak-anaknya pergi merantau. Mungkin mereka merasa sedih, melepas anaknya pergi menjunjung masa depan. Namun, ada sebagian hatinya yang merasa lega, dengan keyakinan anaknya akan menemukan keluarga baru yang menemaninya di tanah sana.


Di tempat yang sama sekali baru bagiku dan bagi siapapun, kami diberi kesempatan untuk saling mengenal. Dengan satu tujuan awal, kami mulai mengenal satu sama lain dan mulai berinteraksi. Seandainya boleh menggunakan istilah "jatuh cinta" dalam pertemanan, maka, kami telah jatuh cinta satu sama lain. Menemukan sesuatu yang tidak kami sangka akan kami temukan. Sesuatu yang membuat kami terbiasa bersama hingga walaupun kami sudah tidak ada keperluan satu sama lain, kami datang dan datang lagi ke tempat yang sama, tempat kami biasa bersua, hanya demi menemukan kembali apa yang kami tinggalkan di rumah. Keluarga.




Layaknya sebuah keluarga sejati, banyak hal yang kami tempuh bersama. Dari senang, sedih, susah, keluh, kesah, sumpah serapah, itu sudah biasa. Walau terbentur waktu, walau terhalang ruang, walau menghadapi segala batasan-batasan lainnya. Dan layaknya keluarga, semua itu tak bisa menyaingi rasa yang membuat kami selalu kembali. Pada akhirnya, kami selalu kembali utuh. 




Kami sampai pada akhirnya. Akhir dari sebuah cerita yang manis. Yang membekas di hati dan kan selalu kami kenang. Mungkin kelak semua pengalaman itu hanya akan abadi dalam gambar. Mungkin kelak kami akan berpencar-pencar, melanjutkan kehidupan masing-masing dan semua yang telah dilewatkan hanya akan menjadi pecahan kenangan. Tapi, ikatan yang ada di antara kami takkan pudar. Karena kami ingat bahwa kami pernah memulai sesuatu dan melewati waktu bersama. Karena kami ingat setiap kebersamaan yang pernah kami lalui dan kita bagi. Karena keluarga takkan bisa terlupa. Dan telah kutemukan keluargaku disini.




"Ohana means family. Family means nobody gets left behind or forgotten" -Lilo and Stitch (2002)





(Terima kasih MAKER FEUI 2015 atas hampir setahunnya bekerja sama. Terima kasih telah memberi saya kesempatan untuk mengenal kalian, menjadi keluarga, dan menjadi rumah untuk berpulang selama beberapa bulan ini. Kalian akan selalu menjadi bagian yang kurindukan. Sayang kalian sampe gabisa diungkapkan oleh kata-kata:* )

This entry was posted on Selasa, 26 Mei 2015. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply